Friday, December 31, 2010

Sushi Akhir Tahun untuk Ayah

Kemarin bunda sempat disorientasi dengan tanggal. bunda pikir kemarin itu sudah penutup tahun 2010 dan hari ini ayah bakalan libur. sayangnya, tidak begitu. -_-'

tadi malam ayah belikan bunda meja makan mungil, karena kasihan melihat bunda menyiapkan bento ayah selama ini di lantai hanya dengan meja lipat kecil.

keren ya meja makannya. ^^v
mungil sih, dan panjang seperti papan setrikaan.
tapi untuk rumah kami yang juga mungil dan ruang makan yang besarnya hanya 3x4, ini sudah sangat mengakomodir.

menyiapkan bento si ayah di atas meja ini rasanya lebih mudah dan bersih daripada di lantai.
tadi pagi kami sudah mencobanya untuk sarapan. yippie.. ^^d

sebulan ini bunda sedang mencoba untuk menjadi lebih sehat dengan menyiapkan bekal ayah langsung pada saat bento mau dibawa ayah ke kantor. bukan yang diracik dulu malamnya.
ini juga untuk mengukur waktu persiapan dan pengerjaan. sekarang bunda makin mahir. biasanya 2-1,5 jam, sekarang 1/2 jam saja sudah selesai. itu juga karena menu hari ini simple sekali : Sushi Akhir Tahun untuk Ayah \^^/ yeeeaaay.....
tempo hari, ada seorang kawan lagi yang bertanya pada bunda di buku muka, menyoal bagaimana membuat sushi dengan bamboo mat. meski cetakan sushi yang praktis sudah ada, pembuatan sushi dengan cara yang orisinil begini lebih menyenangkan. selain itu lebih cepat, dan mudah memasukkan filling (bahan pengisi) nya.
berikut tutorialnya :

siapkan semua bahan untuk bento. mulai dari bahan untuk membuat sushi, sampai kepada lauk yang nantinya akan  menjadi pendamping sushi.
siapkan juga semangkuk air hangat yang diberi garam. setiap kali tangan anda sudah menunjukkan tanda-tanda lengket, segera bilas.


bentangkan nori di atas lampit bambu, siapkan nasi. biasanya, untuk membuat sushi, para ahli menggunakan beras khusus sushi. tapi harganya mahal.
oleh sebab itu, pada saat menanak nasi, campur beras biasa yang anda gunakan sehari-hari dengan beras ketan putih.
pada saat membuat sushi, usahakan nasi tetap panas dan tidak dingin. karena semakin dingin, semakin sulit untuk dibentuk dan melekat.

sebarkan nasi pulen di atas lembaran nori sampai rata. jangan terlalu tebal ya. cukup sampai permukaan nori tertutup saja. sisakan space di sekeliling nasi untuk preventif kalau-kalau pada saat sushi digulung/ditekan, ada nasi yang bergerak/belepotan.
bila suka, oleskan wasabi ke permukaan nasi. ini lebih memudahkan yang menikmati daripada wasabi diletakkan dalam kompartemen terpisah.

letakkan filling, sedikit ke pinggir nori.
untuk sushi ayah kali ini, fillingnya adalah timun jepang (buang bijinya), wortel (lebih enak yang impor, karena empuk, tidak perlu direbus dahulu. cukup potong-potong saja), tamago (telur dadar ala jepang. bunda hanya menambahkan madu ke dalam kocokan telurnya untuk memberi rasa manis), crab stick, dan keju potong.


gulung lampit bambu. pada saat menggulung, ujung lampit, sekitar 2 inchi biarkan tidak ikut tergulung. bagian inilah yang nantinya akan memperhalus permukaan sushi roll.


voila !
jadi sudah sushi roll kita.

potong-potong sushi. gunakan pisau yang benar-benar tajam. kalau lengket, segera bilas dengan air garam dan seka dengan kain lap.

sushi kita sudah jadi. sekarang tinggal menggabungkan semua ke dalam kotak bento ayah.
untuk bento kali ini, bunda menggunakan kotak bento berbentuk lingkaran.

susun sushi yang sudah dipotong-potong tadi di dalam kotak bento.
karena tinggi kotak tidak berlebih, bunda tidak khawatir sushi akan bergerak. tapi kalau kamu khawatir, selipkan tomat cherry di antaranya.

lalu lauk pendampingnya. gunakan wadah roti silicone. kalau tidak punya, maka berkreasilah dengan daun selada untuk memisahkan setiap lauknya agar tidak tercampur.

tuntaskan semua. jangan lupa, kalau masih ada space, gunakan untuk meletakkan buah-buahan sebagai menu pencuci mulut.
untuk saus sushi, cukup dengan mayonnaise, yang dimasukkan ke dalam wadah.
mayo dan keju adalah pasangan yang serasi.

jadi sudah bento si ayah di penghujung tahun 2010 ini. tahun depan--which is hari senin besok--bunda akan hadir dengan menu baru.



buat likers of the blog, jangan berhenti berkreasi ya.
masukkan foto ke buku muka kalian dan tag nama bunda disitu. hasil karya kalian akan bunda pajang di blog. sudah banyak yang membagi keceriaannya membuat bento di blog Bento Si Ayah..berikutnya, adalah giliran kamu ! ^^d

------------------------------------------------
bento ini telah dipublikasikan pada link di bawah ini :
what's for lunch!

3 comments:

Edhini Senastri said...

hwaa..pingin nyoba ntr bunda..nunggu gadget BSA nya dlu dateng..hihi..:D

Dandy Dandy said...

aku pernah lihat meja ini di carrefour.. tapi sekarang sudah nggak ada lagi... beli dimana ya?

Thanks ya.. :)

Bunda zahraa said...

hai dandy, maafkan--lama meresponnya. lagi off dulu sementara ini. urr--kalau di carrefour sejauh ini saya belum pernah menemukan, karena barangnya kualitasnya sedikit berbeda dengan kebanyakan barang yg ada di carrefour--mungkin ada kesamaan model :)

kalau bento si ayah, menemukannya di Index ACE hardware. harganya reasonable kok, karena kayu yg digunakan adalah kayu utuh bukan sejenis rambecol (yg di dalamnya ada serbuknya) dan kaki2nya dari stenless finishing yang sangat baik.

pada kenyataannya :) sekalipun untuk keluarga mini, meja ini kurang begitu mengakomodir. apalagi kalau yang menggunakan, sizenya besar2 :D pada akhirnya, meja tersebut dipergunakan sebagai meja kerja bento si ayah---- :D ----bukan sebagai meja makan.

selamat mencari!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...