Monday, December 13, 2010

Bento Ayah, Rabu, 081210



Bento ayah: kappa with eggs dressing, sayur bayam,asem asem daging cabe hijau, kalio telur puyuh (recomended), tortila.
Minum: es sirup tjampolay rasa pisang susu
Camilan: steam fruit cake (recomended)

kenapa saya bilang recomended, karena emang selain gampang dibuatnya, rasanya juga enak. :)

Kalio Telur Puyuh
  • telur puyuh, rebus, kupas. sisihkan.
  • kentang, kupas, potong dadu, goreng. sisihkan. 
  • rebus santan bersama semua bumbu halus: cabai merah + bawang merah + daun jeruk + daun kunyit + gula + garam + ketumbar. tambahkan serai memar, jahe memar, lengkuas memar. asam jawa/asam kandis. masukkan telur puyuh. masak hingga kuah mengental.
  • tambahkan kentang, daun bawang. masak hingga meresap. angkat. sajikan.
gampang banget kan?


Steam Fruit Cake
  • campur ceri merah, ceri hijau, kismis  (kalau bisa dapetin, boleh tambahin kacang almond misalnya)--rendam dalam rhum. sisihkan. se-ons buah ceri di pasar tradisional, dapatnya sekitar 4000-6000an. cacah cerinya dulu ya.
  • kocok mentega dan gula halus hingga putih. kalau tidak punya mixer, saran saya, menteganya dicairkan dulu saja. beberapa kali saya buat menu serupa ini, dengan cara tersebut, rasa dan bentuk tidak terpengaruh. kemudian masukkan kuning telur satu persatu. perbandingannya untuk sekitar 350gr tepung kita pakai 10 kuning telur. tapi itu bukan harga mati. saya cuma pakai 5 butir, dan sudah mengeras kok cakenya. kocok sampai merata.
  • masukkan tepung terigu, tambahkan putih telur yg sudah dikocok kaku (pakai putih telur yang tadi kuningnya sudah dimasukkan lebih dahulu), aduk kembali hingga rata, masukkan buah-buahan. aduk rata menjadi sebuah adonan.
  • siapkan cetakan, kukus adonan sampai matang. untuk tahu matang tidaknya, gunakan batang lidi/tusuk sate, tusuk kue. kalau masih ada adonan yang melekat di batang lidi, berarti adonan belum matang. kalau sudah licin, berarti sudah matang luar dalam. ingat untuk memeriksa air kukusan, dan tambahkan bila mulai susut. angkat, sajikan.
cake si Ayah, di bentonya Bunda bawakan 5 potong.
Kata Ayah, 3 potongnya dinikmati kawan-kawan kantornya, dan komentarnya hanya 'emmm...mmmmm....' sambil ngangguk-ngangguk. ngga ngomong apa-apa.
sorenya, mereka minta lagi sama Ayah. waktu Ayah bilang habis, mereka ngga percaya dan ngotot buka kotak makan Ayah. :D
besok-besok bunda buatkan lagi ya..bawa yang banyak buat dibagi-bagi.. ^^

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...