Friday, December 10, 2010

Bento Ayah, Selasa, 231110

Ayah bilang dulu, kalau diantara yang lainnya, inilah yang menjadi favoritnya. dan tebak lagi, kenapa? yak, benar, karena warnanya *gee, ayah, ada alasan laen ngga sih? (jawab si Ayah : habis kalau jawabnya bilang ENAK ntar kan udah basi, dan dikirain gombal) *tersipu-sipu.

oh well, ini gambar isi bento si Ayah :


indonesian bento buat ayah hari ini (23 nov 2010) : kappa 3 warna (nasi goreng kencur, nasi goreng terasi, nasi putih), sate kambing, rendang, ayam kalasan, es sirup tjampolay rasa jeruk nipis, dan puding susu mangga.

kali ini, berbagi resepnya di nasi dan salah satu lauk ya.
oya, kalau sebelumnya ada yg bingung, onigiri adalah nasi kepal. tapi saya pribadi lebih senang menyebutnya dengan kappa : keren-kerenan lafal buat 'kepal'. jadi jangan bingung ya.


Nasi Goreng Kencur
mulanya karena saya sempat pesan menu nasi goreng yg agak lain di salah satu restoran di mall besar di Bandung. warnanya kuning. saya sudah duga pasti kuningnya dari kunyit, nama menunya juga nasi goreng kunyit kok. tapi ada rasa lain yang agak aneh. saya rasa-rasa seperti kencur. ah coba bikin di rumah, kalau begini caranya. ^^

  • bahan dasarnya sama aja kaya nasgor2 lainnya, haluskan : bawang merah + bawang putih. cuma ditambahin kunyit dan kencur. ngga pake kecap lho ya (jangan, nanti warnanya ngga kuning lagi). kasih gula aja dikit kalo emang mau manis (awas kebanyakan, sampe kebayakan rasanya ngga enak). kalau ngga dikasih gula rasanya kaya nasi kuning. trus kalau mau pedes, cabe nya jangan dicampur, tapi dipotong2 aja. paling enak rawit ijo. masaknya gimana, ya seperti nasi goreng pada umumnya. :)

Sate Kambing Muda-Sederhana
kenapa saya bilang sederhana, soalnya ngga pake bumbu kacang dan sejenisnya. 
  • malam sebelum bento saya buat, daging kambing muda dipotong-potong dulu, bersihkan dan beri baking powder seperti biasa untuk melembutkan. 
  • rendam dalam bumbu halus : bawang putih + kecap manis + jahe  dan beri sedikit bubuk jahe. diamkan 15 menit dalam lemari pendingin. 
  • supaya cepat matang, saya rebus dulu si daging. pula, untuk mengeluarkan kotorannya. sisakan bumbu rendamannya ya.
  • setelah itu, keluarkan dan susun daging dalam tusuk sate.
  • karena saya masih punya waktu semalaman, saya diamkan kembali si sate dalam rendamannya sampai besok pagi. kalau mau dibuat kilat, bisa langsung masuk ke tahap selanjutnya.
  • paginya, keluarkan sate dan siapkan minyak dalam wajan (pan) datar. goreng sate sampai berubah warna. pada saat disajikan, guling-gulingkan si sate dalam kecap manis dan bawang merah segar yg diiris.


jangan lihat tampilan yg di atas, karena itu saya bakar. ternyata kalau di bakar, kita tidak bisa sering-sering mengoleskan kecap manis karena selain rasanya agak pahit di permukaan, warnanya juga hitam. jadi, saya lakukan cara yg kedua. tampilannya lebih bersih, lebih sehat (karena dimatangkan dulu sebelumnya) dan lebih mudah. :)


selamat mencoba !! ^^
 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...