Monday, December 13, 2010

Bento Ayah, Senin, 131210

Hari ini, bento Ayah bentuknya baru. Bunda yang bosan bikin kappa melulu.. :D Ayahnya sih ngga.



Ayah berniat diet hari ini. karena katanya berat badannya naik sampai 3 kilo lebih gara-gara 'terawat' asupannya...hahaha. eniweeeiii, menunya adalah : nasi goreng sayur (sampe sosisnya, jg sosis veget), bakwan selada, omelet sayuran, brokoli bawang putih...jatah nasi uda dikurangin nih, katanya mau dieet..tapi ada lauk ikan kecap yg nyelip..^^
minum: es sirup tjampolay pisang susu
camilan: pancake kayu manis ( ini lebih sederhana dari pancake newyork yang kemaren lho). Niatnya sih bikin bentuk pancake beruang, kelinci dan burung, tapi karena ngga cukup waktu, jadi topping cokelatnya disiram aja (yang mana, krn itu, wajah si beruang dkk ngga keliatan)

oya wajah si omelete itu, requestnya ayah...waktu ditawarin mau wajah bahagia atau wajah kaya gini, katanya minta yg wajah kusut..wajahnya orang lembur.. (tapi ngomong gitu sambil ketawa-ketawa)
bento vegetarian ayaaah! ^^

di fb, saya banyak ditanyain soal sosis vegetarian itu. ini gambarnya :

terus terang, untuk kami yang memang tidak terbiasa dengan produk-produk makanan vegetarian instant, rasanya sangat aneh. mula pertama saya goreng sosis ini begitu saja, perut langsung mual. si Ayah sudah tidak mau lagi makan semenjak itu.
Tapi sudah dibeli segede ini, trus mau diapain. dikasih orang juga belum tentu semua juga suka. akhirnya saya cacah sosis, dan saya campurkan ke makanan lain. rasanya, jauuuh lebih baik. :)
mereknya apa saya tidak tahu, bahasa cina semua sih. Tapi yang membuat lega, adalah karena ada cap halalnya, dan tidak mengandung elemen lain yang menuju ke arah haram dikonsumsi.
Ayah tadi pagi sempat icip-icip, langsung jatuh cinta pada nasi gorengnya. juga ikan kecapnya, juga bakwan seladanya. ah ayah suka semuaa..... *tersipu sipu

yang jelas, ayah merasakan suasana baru dengan bentuk bento seperti ini. agak kekanakan, dan sebenarnya kemaren-kemaren bilangnya tidak mau dibuatkan bento bentuk macam-macam begini. tapi hari ini, senyumnya lebar bener... :D
karena menunya biasa saja, Saya bagi resepnya yang bakwan selada dan ikan kecap saja ya.. ^^v

Bakwan Selada
  • campur rata bumbu halus : bawang merah + bawang putih + ketumbar + garam dengan air (sedikit aja ya, kalau punya gelas pengukur, sekitar 50ml. seperempat gelas saja). masukkan telur, 3 sdk makan tepung terigu. aduk rata. 
  • kalau sudah berbentuk adonan (oya, tepung tidak banyak-banyak agar, selada bisa cepat matang), tambahkan jagung manis sisir kasar (lepaskan dari bonggolnya) dan selada air (buang batang bawahnya) serta daun bawang + seledri cincang. aduk rata. tambahkan lada jika suka.
  • panaskan minyak, goreng adonan sesendok demi sesendok. angkat, tiriskan.


Ikan Bumbu Kecap
  • potong-potong daging ikan tongkol (tuna asap), lalu goreng, sampai tuna cukup keras sehingga tidak akan hancur bila dicampur kecap nanti. 
  • tumis : bawang bombay + bawang putih cacah. layukan cabai merah iris. tambahkan lada, garam dan gula. masukkan ikan, dan bubuhi kecap. aduk rata, tidak perlu tambahkan air. karena air akan membuat tekstur ikan melunak dan hancur.
oya, untuk camilannya, ini ada pancake baru, lebih mudah dari yang kemarin. namanya, apa ya, pancake kayu manis aja deh.. :

  • lelehkan mentega. tuang dalam wadah. tambahkan gula pasir, 1 butir telur dan kocok rata.
  • campurkan tepung terigu, baking powder, garam, vanilla, dan bubuk kayu manis. aduk rata. jadikan adonan. (teksturnya akan lebih halus/encer dari pancake newyork). berselang seling, campurkan pula dengan 2,5 gelas susu segar. 
  • diamkan 15-30 menit.
  • lalu panggang adonan di wajan pan, seperti biasa. balik, hingga kedua sisinya bewarna kuning keemasan.
  • kalau sudah, bentuk lembaran sesuai keinginan (gunakan cetakan kue kering) lalu siram dengan topping apapun yang anda suka. kali ini, ayah request toppingnya berasa cokelat!! 

    gampang banget kan?
    tunggu menu bento si Ayah besok yaa.. ^^v

    1 comment:

    Bunda zahraa said...

    oya, ini kata seorang kawan di FB :

    "...merica hitamnya dikasi di awal (biasanya d masakan laen dikasi pas akhir), knapa di awal, kata salah seorang koki terkenal di indo...kkk...merica hitam kalo dikasi pas awal nanti keluar minyaknya trus jadi lebih berasa n pedasss..."

    semoga bermanfaat infonya ya... ^^

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...