Monday, December 20, 2010

Bento Ayah, Senin, 201210 : sushi box

hari ini si Bunda lagi males masak :D
tapi inilah bento si Ayah hari ini..

untuk bento,

bunda buatkan ayah sushi roll dengan isian timun jepang dan kepiting. sebelumnya bunda suka eror kalau lagi bikin sushi karena suka gagal ngebentuknya. sangking keselnya, biasanya bunda cetak nasi pakai cetakan kappa silinder baru dibungkus nori dan dipotong-potong ala sushi. atau, pakai cetakan sushi : 1 cetakan isinya langsung 5. bisa jadi 5 sushi. kasih layer pertama dengan nasi, selipkan isian dan olesi wasabi, kasih layer nasi lagi, baru ditekan sama cetakan atasnya. repotnya cuma di harus ngguntingin nori kecil-kecil buat nggulung si sushi, motongin kecil-kecil buat bahan isian. tapi hasilnya lebih rapi. kalau cuma punya nori ukuran kecil, ini helping sekali.
tapi hari ini bunda kepingin membuat nya dengan cara orisinil dengan sushi roll (si lampit bambu). setelah bunda lihat-lihat, ternyata selain cara menggulung yang benar, kualitas nori yang dipakai juga berpengaruh. jangan beli nori yang kw rendah. biasanya jenis ini, norinya basah dan lengket. pilih nori yang benar : kering. untuk melemaskannya cukup sambil lalu-kan nori di atas api kompor.

untuk sushi:  letakkan nori, susun nasi (tidak perlu terlalu tebal, tergantung lebar dan panjang nori), beri space di tengah nasi, olesi wasabi, masukkan bahan isian dan gulung nori dengan sushi roll--potong-potong (ketajaman pisau juga sangat penting disini. pisau bunda kayanya harus diasah lagi), jadilah sushi.
ternyata, dengan cara ini waktunya lebih singkat, dan cucian piringnya jadi lebih dikit. hehehehehe

sebagai lauk, bunda buatkan ayah egg roll dengan isian jamur enoki.

jamur enoki di siram dengan air panas sampai layu, direndam kecap asin dan lada, ditriskan (diperas) lalu dijadikan sebagai isian egg roll. untuk egg roll ini, bunda langsung mengolahnya di atas wajan/pan, bukan dengan membuat dadar nya dahulu baru menggulungnya. gunakan egg pan (pan yang berbentuk persegi panjang), beri margarin sedikit saja, tuangkan telur kocok tipis-tipis, biarkan bagian bawahnya agak keras, langsung gulung telur sekalipun bagian atasnya masih basah. lapisan yang masih basah ini berfungsi untuk merekatkan isian. jangan khawatir telur bagian atas ini akan segera matang dengan sendirinya. gunakan sumpit (terutama kalau kalian punya sumpit yang ujungnya lancip) untuk menggulung telur.
sebagai tambahannya, nugget ikan, coleslaw, sosis, tomat cherry dan strawberry segar. untuk coleslaw, bunda hanya membuatkannya dari kentang rebus yang dihancurkan, wortel rebus, jagung manis rebus dan diberi mayonnaise.

minum : jus jambu merah

ini sih jus jadi.. hehehe, ayah sendiri yang memilih menu minumannya dan mewadahi. ^^

tadinya bunda yang malesnya kelewat-lewat, tidak membuatkan ayah camilan. meski ayah ngga protes, tapi kasihan juga melihat dia memasukkan sebuah pisang chavendish ke dalam tas bekal nya. sewaktu ayah mandi, bunda keluarkan pisangnya dan bunda jadikan camilan : pisang bakar saus cokelat dengan topping keju dan strawberry segar.


tadinya jugaaaa, bunda cuma buat bento satu paket buat ayah.
tapi sepertinya si Ayah ketagihan jualan. meskipun jugaaa...ayah ngga protes apa-apa, bunda tetep aja ngga tega. jadi bunda buatkan satu paket lagi untuk dijual. hanya saja, tidak cukup waktu untuk membuat sushi. jadi, bunda hanya buatkan ini :


oya, sekalipun sebenarnya kappa/onigiri bisa saja dibuat dari nasi biasa yang pulen (seperti yang biasanya bunda lakukan), tapi tidak ada salahnya untuk membuat campuran nasi kepal yang lebih padat dengan menambahkan beras ketan di nasi pulen yang biasa anda makan. untuk bunda, karena beras ketan tidak bisa dibilang murah, bunda campurkan dengan perbandingan 3:1. kappa/sushi nya benar-benar padat !!

bon apetite ayah.. ^^

6 comments:

uciel said...

pengen banget cobain semua resepmu liz, apa daya tgn tak sampai..*lebay mode on
rencana mo cari kontrakan yg aga besar dulu baru deh dicobain, dengan catatan: kl hari libur... *ga sanggup kl pas kerja, lagian rugi jg, suami dah ada jatah makan di kantor... lanjutkan buat sharenya yah... aku setia jd pembaca dulu... hehehe
selamat berkarya
nb: yg td di inbox tuh niatnya mo ditulis disini, jd cobanya pake copy paste aja... xixixii

Bunda zahraa said...

hehehe, udah bisa kan?
didoain biar bisa cepetan ke dapurnya !!! amin. :)

papa denyo said...

papa denyo laik dis..!

Bunda zahraa said...

terimakasi papa denyoooo \^*^/

kok cuma yg ini sih, berarti yang lain ngga suka ya?

Laam said...

menggiurkan deh mbak...

Bunda zahraa said...

hehehe, liat yg hari ini lam. bentuknya kelinci ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...