Wednesday, December 22, 2010

Bento Ayah, Rabu, 221210 : brown kitty...miaaawwwww

Selamat siang !! ^^v

hari ini ayah cuma masuk setengah hari karena lagi sakit. bunda ngga jadi libur ngebento lagi, kasihan ayah nanti makannya ngga semangat. :D
jadi bentonya bunda buatin untuk makan siang ayah di rumah.
isinya : nasi goreng kemiri, ikan kembung panggang bumbu santan, sosis bunga matahari, coleslaw fuchili, dan sup asam manis.



sebenarnya kemaren, ayah requestnya minta dibikinin macan. tapi setelah bunda lihat-lihat, lebih cocok jadi kucing cokelat...hehehe.
si kucing dibuat dari nasi goreng kemiri. ayah bener-bener ngga tega makannya tadi, dilihatiiiin terus sampai puas. waktu mau dimakan bilang "maaf ya cing....". paw nya si kucing yang kanan, ketutupan kepala ikan. bentukknya seperti tapak kaki kucing.

ikan yang digenggam si kucing adalah ikan kembung biasa, tapi bumbunya yang ngga biasa. ayah suka, katanya seperti ikan asap.

coleslaw fuchili hari ini, prisnsipnya sama dengan coleslaw tempo hari. bedanya cuma ditambahi fuchili (makaroni keriting) dan sedikit lada.

sosis si bunga matahari....oya, kemarin ada sahabat fb yang bertanya pada saya bagaimana membuat bunga matahari ini. hari ini akan saya berikan tutorialnya.

terakhir, sup asam manis itu. semua resepnya akan saya bagi disini.

mari kita mulai :
Nasi Goreng Kemiri


kalau ingin pulen supaya bisa dibentuk tahan lama, boleh tambahkan nasi biasa dengan nasi ketan putih. bumbu halusnya : bawang merah + bawang putih + cabai merah keriting + cabai merah gemuk + gula merah sisir + kemiri + garam. tumis semua bumbu seperti membuat nasi goreng biasa. pada saat menambahkan nasi, usahakan nasi sudah tercampur lebih dahulu dengan kecap, rata. tambahkan daging apapun yang anda mau, hanya saja, masukkan dalam potongan yg kecil. potongan yang besar akan memberi rongga yang terlalu besar pada saat nasi akan dibentuk. pada tahap akhir, berikan keju parut (bunda sarankan yg quick melted). lelehan keju akan merekatkan nasi dan mempermudah pada saat dibentuk. kalau punya anak yang sulit makan keju, siasat ini juga bisa diterapkan.. ^^


Ikan Kembung Panggang Bumbu Santan

  • bumbu halus dasarnya sama persis dengan nasi goreng kemiri. bedanya hanya pada saat ikan akan diresapkan bumbunya, beri juga santan. jangan berikan terlalu banyak air, karena ikan kembung kalau direndam dalam air yg terlalu banyak akan rusak permukaannya. resapkan bumbu sampai asat.
  • siapkan pan datar, beri minyak sedikit saja, dan hati-hati sekali : goreng/panggang ikan sampai kecokelatan. jangan khawatir pada saat ikan tadi dibumbui, daging ikan sudah matang.
Sosis Bunga Matahari
  • sebelum memulai, kerat dahulu sosis yang sudah dibagi-bagi (umumnya, 1 sosis bisa dibagi menjadi 3 bagian). untuk mengurangi minyak, rebus sosis sampai keratannya mengembang.
  • berikutnya adalah mempersiapkan kelopak telurnya. kacaukan 1 butir telur, garami, dan dadar di pan datar. tidak seperti biasanya, kalau di indonesia, umumnya mendadar telur maunya dibolak balik agar matang kedua sisi. dengan pan yang benar, dadar tidak perlu dibolak balik dan matang kedua sisi. 
  • setelah selesai, bagi dua dadar. 1 sisi untuk satu bagian sosis.
  • lipat dua 1 sisi dadar, tahan, kerat lipatannya, selipkan sosis, dan gulung dadar mengelilingi sosis. semat ujungnya dengan tusuk gigi kecil. 
  • jadilah si bunga matahari.
terakhir, Sup Asam Manis
bosan dengan sup ayam yang biasanya, coba resep yang satu ini. sangat mudah sekali.


  • pertama, buat dulu bola-bola ayam dari : 1 ons ayam giling + 2 sdmkn tepung kanji + garam + lada + pala. rebus bakso ayam dalam air mendidih sampai mengembang.
  • siapkan wortel, kentang bila suka, tomat iris tipis yang dibuang bijinya, dan daun bawang iris.
  • tumis bawang bombay + bawang putih + daun bawang dan masukkan ke dalam air kaldu yang sedang dididihkan. tambahkan garam dan 2 sdkmakan pasta tomat.
  • lalu masukkan bakso, sayuran, dan bubuhi garam.
  • voila ! selesai sudah.. :D
sebenarnya ini masih bisa dibilang bento ngga sih?? :D kan ngga dibawa buat bekal.
lets say it as : bento rumahan ! ^^v
selamat mencoba..

3 comments:

Bunda zahraa said...

oya, resep sup asam manisnya sudah pernah dipraktekkan oleh likers blog bento si ayah.
Soezy Partiana, seorang ibu rumah tangga dengan dua anak dan owner dari lembaga bahasa swasta di Malang pernah mengirim sms ke bunda dan menyampaikan bahwa resep telah dipraktekkan dan lezat.. ^^v
sayang gambarnya tidak bisa diupload. terus dicoba ya.. :)

tips:
untuk kesegaran yang lebih, bunda biasa menambahkan potongan buah nanas ke dalam sup. hanya saja hari ini, si buah tidak tersedia. tapi tanpa buah nanas pun, rasanya tetap asam manis yang segar.

merlyn said...

hai mamasalam kenal ya... wow... kreativ bgt jdga sabar mo nyoba buatin bento buat bekal anak qu...
xixiiii....

Bunda zahraa said...

:) hai mama merlyn, salam kenal juga.. :)
terimakasih sudah main-main ke bento si ayah.. ayoo buat bekal untuk si kceil, ntar crita-crita ya.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...