Wednesday, December 15, 2010

Bento Ayah, Rabu, 151210

Ngga boleh 'cuti' bikinin bento hari ini sama Ayah... ^^'
cuti-nya kata Ayah besok aja, soalnya besok Ayah tugas ke luar kota. jadi ngga papa jajan aja..

Kemarin bingung mau bawain si Ayah apa hari ini.
saya kesiangan belanjanya, dan semua bahan makanan di pasar tradisional tinggal yang ka-we ka-we (udah sisa-sisa). Ngga dapet cumi padahal saya kepingin bikinin Ayah cumi asam manis, ngga dapet daging cincang padahal kepingin buatin ayah sup tomat..jadi, keliling-keliling pasar, saya cuma dapet tempe, kangkung 2 ikat.
bingung, kasihan Ayah kalau cuma dibuatin tumis kangkung sama tempe. gitu-gitu aja.
malamnya, saya eksperimen nyobain tumis kangkung dan dimasukkan ke dalam kulit lumpia lalu digoreng. waktu Ayah pulang kerja, hanya makan bersama nasi panas dan kecap manis, si Ayah langsung 'kemaruk' (rakus). ternyata menurut Ayah, rasanya enak dan tampilannya unik.

jadi, inilah bento Ayah hari ini :


bento vegetarian Ayah, 151210 : mie goreng sayur dengan sosis vegetarian, sushi roll with eggs, boiled eggs, kangkung selimut kulit lumpia (UENAAAAAKKKK....cobain deh), burger tempe, dan buah segar.
camilan: gemblong pisang tabur keju




hari ini Ayah mau jualaaaannn.... ^^v
tapi Ayah ngga mau dikalahin porsinya sama yang dijuaaal. mau dilelang !! haha, soalnya Bunda jarang-jarang bawain bento ekstra kaya gini. karena teman kantor si Ayah ada yang suka mintain Ayah pas makan, hari ini Bunda bawain porsi ekstra ya.. kita lihat aja nanti si Ayah bisa jual dengan harga berapa.

ok. resep menu hari ini yang bisa kita bagi, ada tiga :

Kangkung Selimut Kulit Lumpia
(repot amat, lumpia kangkung aja napa : ngga ah, lumpia kangkung mah umum!! dikerenin dikit laaah)

  • petik kangkung, buang batang kerasnya, dan bersihkan. kepal sayur, potong-potong. sisihkan. (sayur dipotong-potong lagi supaya ketika dimakan, tidak kesulitan karena terkadang ada yang daunnya panjang)
  • tumis bumbu halus : bawang merah + bawang putih + cabai merah gemuk & cabai hijau gemuk (buang dahulu bijinya) + cabai keriting + tomat + terasi. tambahkan gula dan garam secukupnya. 
  • setelah harum, masukkan daging cincang yang diinginkan (bisa udang, daging sapi, ayam, bakso--semuanya dicacah/dicincang. kalau hari ini Bunda pakai sosis vegetarian).
  • matangkan dahulu daging, kemudian masukkan sayur. JANGAN TAMBAHKAN AIR. nanti sayuran akan berair sendiri kok.
  • angkat. siapkan kulit lumpia, isi sesendok penuh sayuran, dan gulung. rekatkan ujungnya dengan putih telur. lakukan sampai sayuran habis.
  • panaskan minyak, cukup banyak agar lumpia tenggelam ketika digoreng. goreng lumpia hingga kulitnya kuning kecokelatan. hati-hati gosong ya. ingat lumpia ini isinya sudah matang. jadi tidak perlu lama-lama menggorengnya.

Burger Tempe
cocok untuk mereka-mereka yang sedang program diet nih.. ^^v

bahan burger :
  • kukus tempe kurang lebih 10 menit. lalu haluskan selagi panas.
  • tumis : bawang putih + bawang bombai + daun bawang hingga harum. campur dengan tempe (bila suka, tambahkan daging cincang) merica, pala, garam dan kecap. aduk rata. angkat.
  • bentuk adonan pipih (kalau Bunda bentuk kelinci... ^^). gulingkan di atas putih telur dan goreng adonan hingga kecokelatan. 
  • angkat dan sajikan dengan cara menyelipkan tempe burger di antara roti, daun selada, irisan tomat/timun dan saus pelengkap. untuk bento Ayah, bunda hanya menyelipkan timun jepang dan mayonaise. 


Gemblong pisang tabur keju
aduuuuh...ini gampang banget lho bikinnya. dan bahan-bahannya pun sederhana. ini dia :

  • tepung beras ketan, kelapa parut dan garam dicampur rata. perlahan-lahan tuangi air dingin sambil diuleni, sehingga adonan kalis dan dapat dibentuk.
  • kalau sudah, bentuk adonan bulat lonjong dan isi dengan potongan pisang (kalau Bunda pakai pisang susu di sini. karena selain  porsinya kecil--ngga nyisain potongan pisang, juga lunak--berbeda dengan pisang kepok atau tanduk). 
  • goreng gemblong dalam minyak panas yg banyak, dengan api kecil. sampai matang.
  • kalau sudah, siapkan bahan pelapisnya : gula merah iris + gula pasir + air 5 sendok makan. panaskan sambil diaduk-aduk sampai mengental. masukkan gemblong goreng dan langsung aduk-aduk rata sampai seluruh permukaannya terbalut gula.
  • terakhir, taburkan keju parut di atasnya. 

mudah ya... ^^
selamat mencobaaa!

3 comments:

Bunda zahraa said...

info penting-info pentiiing :



abdul97us-abdul mattin- Brisbane, Queensland, Australia:

"kata teman kerja...org asia biasanya makan teratur (misal 3x sehari) dgn menu berat. Kalo org bule, makan sering tapi porsi kecil. aktifitas yg dikerjakan dgn makanan disesuaikan. Kalau kerja depan komputer misalnya, tdk banyak aktifitas fi...sik, makan sering dgn porsi kecil lebih menjaga penambahan berat badan...hehehe
kalo makan sayuran...tp porsi tetap banyak ya mungkin sama saja...hihihi...:P"

tapi ini masih aman kok... :(
si gemblong Bunda bawain banyak karena biasanya camilan Ayah kalau dibawa ke kantor nyisanya cuma 1-2 biji buat si Ayah.
sushi roll nya juga udah dikurangin. biasanya sampe 12 roll. ini cuma 4.
hehehehe......pelan-pelan dikurangin ya Ay..^^v

Bunda zahraa said...

eniweeeiii....
paket bento itu laku rp. 10.000!
hehehe...

Anonymous said...

wah kreatif!
sy iseng2 cari ttg bento eh terdampar di sini :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...