Monday, January 10, 2011

Nasi Bakar untuk si Ayah

selamat pagi semua.. ^^
selamat hari senin..
hari ini bento ayah mini dan sederhana. tadinya Ayah bilang "ngga usah beli kotak makan lagi, kotak makan ayah kan banyak"..tapi bunda ngotot kepengen... :D apalagi harga kotak makan ini hanya Rp.10.000, tapi sudah bagus dan bermerk (katanya sih, merk ini--kualitasnya yahud)----singkat cerita, bunda menang !!

bento ayah dimulai dari keinginan ayah tempo hari kalau : "ayah kepingin hari senin dibawain sambal terasi", jadi bunda buatkan ayah menu : nasi bakar spesial, sambal terasi, ikan pindang goreng tepung, tumis daun singkong cumi, oseng-oseng tempe dan melon-anggur untuk buah.

kalau-kalau ada yang bertanya (seperti kawan buku muka bunda)--soal berapa budget belanjanya, jawaban terbaik bunda adalah :
"ini belanjanya buat menu sehari girls. jadi bisa buat 4kali makan. (1 bento ayah, 2 sarapan ayah bunda, 1 makan siang bunda, 2 makan malam ayah bunda--eh itu mah 3 ya?) biasanya, habis-habisnya banget..banget nih ya..itu bisa 35rb-an. minimal 15rb, pernah cm 7rb. tergantung kelengkapan kulkas. itu perhari. kadang-kadang juga, semisal belanja nya sampe 40rb nih di pasar tradisional, udah include cabe, telur sekilo, daging cincang 2 ons, bumbu2, buah, dll--bisa ngga belanja sampe 2-3 hari. jadi, hemat banget kan sebenarnya. simpan bahan makanan yang memang tahan lama. penting juga untuk punya frozen food di lemari pendingin. cermatlah dalam memilih bahan makanan yang bisa disimpan selama 2-3 hari untuk belanjaan yang diperoleh dari pasar tradisional. kalau-kalau kamu malas ke pasar, seperti bunda hari ini, esok pagi--masih bisa membuatkan bento lain untuk ayah"


eniwei,
ada yang gak sabaran ingin tahu resep nasi bakar bunda hari ini.. :D jadi, here we go :

kalau kamu menanak nasi di rumah memakai cara konvensional dengan pengukus, maka bumbu-bumbu dimasukkan pada saat merebus beras sebelum di kukus. tapi kalau kamu pakai magicjar/ricecooker maka masukkan semua bumbu pada saat pertama beras dimasukkan dan biarkan proses selanjutnya berjalan seperti menanak nasi biasa.

adapun bumbu-bumbunya : tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, lada dan kemiri) bersama daun salam dan serai yang dimemarkan. masukkan ke dalam ricecooker bersama beras pulen kualitas baik (kalau tidak ada, tambahkan saja beras ketan) + santan + kaldu dan garam secukupnya.
nyalakan ricecooker, dan tanak nasi. kalau mau lebih harum, tambahkan juga daun suji/pandan.

sambil menunggu matang, kita  buat isiannya. 

umumnya, di rumah makan-rumah makan yang menyediakan menu nasi bakar, menggunakan oncom/suwiran daging ayam sebagai isian. kamu juga boleh menggunakannya. namun, hari ini, untuk isian nasi bakar ayah, bunda gunakan daging cincang. 
tumis semua bumbu cacah/iris : bawang bombay, bawang putih, cabai merah dan bubuhi lada, garam serta gula. beri air kaldu sedikit dan masak sampai asat.
setelah nasi matang, keluarkan nasi di wadah. angin-anginkan sebentar saja, sampai asap panasnya berkurang. siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dilemaskan di atas api. ratakan nasi gurih, dan beri isian daging tumis tadi. gulung nasi, dan sematkan kedua ujungnya dengan lidi/tusuk gigi.
terakhir, panggang nasi di atas pan datar sampai sisi-sisinya kecokelatan/gosong. 
voila !!


untuk pendamping, bunda buatkan ayah tumis daun singkong. mengenyangkan karena seratnya banyak sehingga baik buat pencernaan ayah.


dan oseng-oseng tempe ini, bumbunya hanya bawang bombay + bawang putih + daun salam + irisan cabai merah dan hijau + serta lengkuas yang dimemarkan. setelah bumbu ditumis, masukkan tempe yang sebelumnya sudah digoreng setengah matang. tambahkan lada, garam, gula dan kecap manis. tuangkan air kaldu, serta masak sampai bumbu meresap dan air asat.







jadi sudah menu bento hari ini..susun cantik semua menu dalam kotak bento mini ini, dan ayah siap berangkat.. :)
--maaf, hari ini bunda tidak sempat buatkan camilan untuk ayah, semoga ayah ngga lembur ya nanti.. ^^v

4 comments:

windi said...

pengen nyoba nasi bakar na mbak liza ^O^

Bunda zahraa said...

hayuuuk buat bento besoook :D

Uniflame said...

Thank you for the comment on my blog :) I see you make beautiful bento too all though I cannot read the text. You asked me where I got that blue dragonfly box and the heart picks. I actually got them off e-bay, you will surely find them there.

Bunda zahraa said...

i intend to make this blog in english version too, but some of the recipes used indonesian seasonings, and quite difficult to find there. most of my reader are indonesian too, it will caused them trouble to understand the content. i'm looking forward to translate this to english so that mothers, girls, and other audiences could read it too. wish me.. :)

anyway, i really love your blog and i put it to my blog-roll so that my audiences could see yours. is it ok? :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...