Wednesday, January 5, 2011

Al Dente Bentos ! ^^

Hi there,
this morning, i confused thinking about the menu that I'll cook. there were almost nothing i could found in my refrigerator. so then, I've found a pack of spaghetti pasta. and these are my hubby's bento boxes.
firstly, i made seafood sauce for the spaghetti. you just saute garlic and onion then you stir it with a full spoon of wheat flour before you add tomatoes pure and the supplementary materials like paprika and squid (or you can use shrimp instead). 
then i made a simple grilled of spring rolls. i have potatoes pure and a whole shrimp in each wraps. put some garlic here, pepper there and chilli slice. then grilled it on the pan without any oil.
last, i made a beautiful onigiri. use some rice that mixed with some glutinous rice, then stir in butter. let it melted. use some plastic wrap to mold the rice to a perfect ball shape. i put some shredded chicken as the filling, then decorated it with nori. nice!
o, and the checkers apple..you can make it by following the instructions below from the pictures. if you have any question, please ask. ^^v happy bento-ing !

----------------------------------------------------------------

Pagi mendung yang ceria !! ^^v

kemarin bunda ngga ke pasar, jadi agak kebingungan mau masak apa hari ini untuk bento si Ayah. bolak-balik buka lemari pendingin dan korek-korek isi lemari makanan.
jadilah menu al dente hari ini :


bento ayah hari ini ada dua kompartemen terpisah.
yang satu yang lebih besar (karena harus dimasuki kompartemen lain yg lebih kecil sebagai wadah saus) adalah spaghetti saus seafood.
dan yang wadahnya lebih kecil (sekitar diameter 15 cm) ada onigiri abon, lumpia udang panggang, sate bakso udang, crab stick dan buah-buahan.

jadi temanya kali ini seafood kali ya.. :D

emm, hari ini, bunda bagi-bagi trik sederhana saja dan resep saus seafoodnya ya..

Spaghetti Saus Seafood
Mula-mula, siapkan panci dengan air yang hampir penuh. tambahkan garam dan minyak sayur bersih serta didihkan. masukkan spaghetti ke dalam panci, tanpa harus dipatahkan hanya karena spaghetti yang belum lunak melebihi bibir panci. rebus selama 8-10 menit atau sampai batas kekenyalan yang anda inginkan. setelah selesai, tiriskan. lalu tambahkan bubuk lada, dan aduk rata spaghetti. sisihkan.
Sekarang, kita buat sausnya. prinsip dasarnya sama saja dengan resep bunda untuk chille/bola-bola daging kuah tomat tempo hari. hanya saja kali ini, daging bunda gantikan dengan cumi. bersihkan cumi dari kulitnya, potong-potong.

kita mulai dari menumis cacahan bawang bombay dan bawang putih sampai harum terlebih dahulu. lalu masukkan cumi dan masak sampai cumi matang yang ditandai dengan berkurangnya massa si cumi (mengkerut). setelah itu, tambahkan sesendok tepung terigu. gunanya adalah untuk mengentalkan saus. tambahkan air matang, lalu tomat halus (rebus dahulu tomat utuh, lalu haluskan dengan blender). bubuhi garam, lada, gula, pasta tomat, pasta sambal. 

terakhir, masukkan potongan paprika berbagai warna. aduk sebentar, dan masak sampai mendidih.











ada seorang rekan yang cerita ke bunda di buku muka, kalau sebenarnya dia sudah kepikiran untuk membuat menu spaghetti untuk bentonya, tapi masih kebingungan soal saus spaghetti yang enak dimakan dingin.
bunda pun kepikiran begitu, oleh sebab itu bunda siasati dengan meletakkan si saus di wadah yang bisa dipanaskan/reheat able. pesan bunda pada ayah, begitu bento akan dimakan, panaskan dulu saus di atas kompor sejenak. jadi, meski spaghetti dingin, namun sausnya tetap hangat.
kalau tidak punya fasilitas untuk memanaskan sesampainya di tempat kerja, bunda sarankan : jangan pernah pakai susu atau keju. karena susu kalau dingin mungkin enak, tapi keju, kalau dingin akan menggumpal dan rasanya malah eneg.


next, untuk lumpia panggang itu, isinya boleh apa saja. tapi kali ini, bunda menggunakan kentang tumbuk yang membalut udang utuh dengan bumbu sederhana: gula+garam+bawang putih cincang+lada+cabai iris. kalau mau, boleh tambahkan parutan labu siam. dibungkus seperti layaknya lumpia biasa.
yang berbeda kali ini, untuk mengurangi kolesterol yang biasanya diperoleh dari minyak menggoreng, bunda panggang lumpianya. jadinya begini. tapi pastikan dahulu, isi lumpia sudah matang sebelumnya ya.


lalu, kalau bosan dengan onigiri nasi biasa, kali ini bunda buatkan ayah onigiri dari nasi mentega dengan isian abon. ide abon ini terus terang terbesit karena melihat kawan buku muka ada yang membuat onigirinya dengan nasi biasa yang diisi abon.

mula-mula, setelah nasi panas diberi mentega + garam + lada + sedikit gula, bentuk nasi menjadi kepalan kasar. ini penting sekali karena proses inilah yang menyebabkan onigiri akan terlihat bersih.
setelah itu, ambil sumpit bersih, kuak permukaan nasi sampai ke tengahnya. isikan abon dengan sendok bersih. 
lalu kepal lagi nasi dan usahakan agar JANGAN ADA ABON YANG TERLIHAT dari permukaan. pipihkan sedikit, dan hias dengan nori.
voila, jadilah isi bento ayah hari ini. untuk tips menghiasnya, bunda hanya menggunakan trik lain dalam menghias buah apel. prinsipnya sama dengan tutorial bunda tempo hari. tapi kali ini, polanya adalah checkers/papan catur.


yippieee.....
ayo dicoba girls.. ^^v

------------------------------------------
bento ini telah dipublikasikan pada link di bawah ini :
what's for lunch!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...