Thursday, January 13, 2011

Beras Merah Bento si Ayah

Selamat pagi!!
Whatta freezing daaaay !!!
~___________________~
brrr... hari ini hujan ngga berhenti-berhenti. ayah jadi terlambat ke kantor karena ngotot kepingin naik motor, tapi hujannya ngga pake kompromi--ngajak-ngajak angin juga.
tapi bunda berhasil membujuk ayah untuk naik karmiun a.k.a si mumun daripada masuk kantor kesiangan. akhirnya ayah setuju !!
owell, hujan, berhentilah, kalau begini bunda bisa terancam ngga ke pasar lagi... (alasan, padahal seneng tuuu...'^^)

pagi ini, bunda bangun jam 7 pagi !! karena lagi ngga ikut ayah sholat, cuaca mendukung, bunda seneng banget kemulan (selimutan). dibangunin si ayah. refleks yang bunda bilang--persis pada saat membuka mata adalah : "astaga, bunda belum bikinin bento ayah!!".
ayah geleng-geleng....


eniwei, ini bento ayah hari ini.
bunda beri ayah nasi beras merah kaya serat hari ini. tidak perlu banyak tapi cukup untuk menenangkan perut ayah siang nanti. lauknya adalah tofu paprika saus tiram, tumis bokchoy, gyoza, tempe goreng dengan buah sawo dan belimbing.

untuk beras merah yang teksturnya seret, coba untuk lebih dahulu merendamnya sebelum ditanak. kalau tidak punya cukup waktu dan kamu menggunakan ricecooker, tambahkan jumlah air nya. kalau biasanya untuk nasi biasa kita perlu sebuku jari, maka untuk beras merah, jadikan 1,5-2 buku jari.
yang terpenting adalah untuk tidak menyertakan lauk kering saja tanpa ada kuah dengan beras merah.

menu sederhana hari ini untuk Bento si Ayah, adalah tofu paprika saus tiram. it's a very easy recipe. you won't need any luxury stuffs in it, but it already looks delicious and indeed the taste.
so, mula-mula, goreng kering tofu. ini penting sekali, tofu yang setengah kering akan mudah hancur ketika diaduk dengan bumbunya. tumis bawang bombay+bawang putih sampai harum, lalu tambahkan saus tiram secukupnya sesuai banyaknya tofu yang kamu masukkan. bubuhkan lada, dan garam (hanya bila perlu : bila saus tiram tidak cukup membuat asin, karena basic saus tiram adalah larutan asin). tambahkan air, dan masak sampai mendidih. masukkan tofu goreng dan paprika iris. aduk sebentar, dan sajikan.

ini adalah gyoza sederhana. isinya bisa apa saja. untuk bento si ayah hari ini, bunda hanya mengisikan daging cincang (dalam adonan lengkapnya adalah : daging cincang, daun bawang, kol iris, bawang putih, sedikit jahe halus jika suka, kecap asin, lada dan garam).
karena hari ini semua bahan di atas ngga ada selain bumbu-bumbunya, jadi bunda hanya buatkan isian sederhana saja.
setelah isian diletakkan ditengah kulit gyoza, basahi sedikit tepiannya dengan air matang. dan mulai bentuk lekukan di pinggir-pinggirnya pada saat menyatukan kulit.



goreng gyoza di minyak sedikit sekali dan tambahkan air sampai gyoza terendam. beri kecap asin/soya sauce sedikit dalam larutan airnya.didihkan, dan angkat.








ok, that's it. ^^v
try it will you?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...