Monday, January 3, 2011

Bento Ayah di awal tahun 2011

selamat pagiii... ^^
ini hari pertama bunda ngebento lagi di tahun 2011.
hari ini ayah ngebento dengan menu campuran western-eastern.


ada : nasi putih dengan lauk sate tempe dan sayur labu siam dari sisi timurnya, dan kentang dengan chille dari sisi baratnya. si chille ini meski terlihat remeh dan sedikit, tapi cukup mengenyangkan kalau dimakan dengan porsi yang tepat (satu mangkuk sup misalnya). untuk bento si Ayah, chille berfungsi sebagai appetizer. sementara untuk pencuci mulutnya buah dan puding kecil. dan camilannya lumpia pisang keju cokelat.




jadi, hari ini, kita bagi-bagi resep di menu utama sate tempe, dan ada menu tambahan yaitu dimsum kol. dimsum kol ini tadinya mau bunda masukkan ke dalam kotak menu si ayah, tapi ternyata menyantapnya harus pada saat dimsum baru diangkat dari kukusan. karena selain tampilannya masih bagus, rasanya masih nikmat karena panas. dimsum ini akhirnya jadi menu makan malam ayah kemarin.. :) mari dimulaaiii...

Sate Tempe
ini sehat banget lho, kalau bunda baca-baca, tempe itu kolesterolnya cuma 0,1 mg !! jadi imbang kalau hari ini, bunda tambahkan sedikit di chillenya supaya tetap ada protein hewani pada menu makan siang ayah. untuk membuatnya pun mudah sekali,



 pertama, tumis bumbu yang dihaluskan (ketumbar + lada + kemiri + bawang putih + jahe + bawang merah + kencur + kunyit + garam) dengan daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum. (kalau senang, seperti bunda, boleh ditambahi terasi sedikiit saja)
masukkan tempe yang sudah dipotong dadu, aduk sebentar.
tuangi air dan gula. masak hingga kuah asat.



ambil tusukan sate, tusukkan tempe sebanyak yang anda mau untuk satu tusuknya.
bakar di atas : arang/ api kompor/ pinggan datar sampai sisinya kecokelatan.
untuk saus, cukup dengan kecap manis dan bawang putih saja. bila senang, tambahkan kacang tanah halus dalam kecap manisnya.











Dimsum Kol
oya, untuk dimsum ini, bunda menggunakan roti sisa membuat sandwich tempo hari sebagai pengganti tahu. hemaat... ^^v

rendam daun kol berukuran besar dalam air panas sampai lemas. buang dahulu bagian kerasnya agar tidak menyulitkan pada saat diolah.
pada wadah, campurkan daging cincang, roti yang sudah lunak (sebelumnya direndam dulu dalam air matang), setengah saja telur, dan bumbu-bumbu (lada bubuk, pala bubuk, dan garam). untuk lebih keras, tambahkan tepung terigu 1-2sdmkn. aduk rata. boleh juga tambahkan keju parut bila suka.

ambil selembar daun kol, taruh adonan di bagian tengahnya, tekuk ujung-ujung kol jadi seperti kantung/money bag dan ikat dengan daun serai.
atur kol di dalam kukusan. ingat, jangan mengukus terlalu banyak item di dalamnya, berikan space/jarak yang rata untuk masing-masing supaya panas dan matangnya merata.
kukus kol hingga isinya matang, dan sajikan panas dengan saus sambal.












tips: kalau-kalau nanti hasil kukusan anda kol-nya tiba-tiba membuka dan si tali lepas, jangan panik ataupun kecewa. tidak usah buru-buru membuka tutup panci pengukus. tunggu hingga matang, angkat, dan talikan ulang daun serai yang tadi digunakan untuk mengikat.

senangnya...
^^

untuk chille, resepnya sudah bunda berikan sebelumnya. coba di cek di label "bola-bola daging". bedanya, pada chille, daging tidak dibentuk bulat-bulat, cukup disebar, ditambahkan paprika bila senang, dan kacang merah (tapi kemarin lupa lagi beli kacang merahnya.. :D malam ini bunda mau buat lagi, pesanan si ayah, lengkap dengan kacang merahnya)

hari ini ayah bawa jualan ekstra :

paket bento untuk rekan ayah,
dan
paket lumpia pisang cokelat keju.
ayo ayah, yang semangat jualannya... :)










tunggu postingan berikutnya ya,
ada tips asyik menghias bento !! :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...