Friday, January 7, 2011

Jum'at mendung buat Bunda : Nice bento but not OK.. T,T

oemjii...bunda merasa gagal hari ini.
bentonya berantakan. T,T

kata Ayah sih mantap. tapi...
...kegagalan hari ini adalah 'tidak sepenuhnya mengisi ruang kosong..'. mungkin seharusnya melonnya dipotong-potong saja.. :)

eniweii .. ini isi bento ayah hari ini :
nasi goreng ikan asin bumbu terasi yang dibungkus kembang tahu dan dipanggang, buncis salami, sosis pangsit goreng, kentang mini rebus dengan sup kepiting jahe supaya ngga seret dan buah melon untuk menutup acara makan siang ayah hari ini. Semuanya total bunda selesaikan dalam waktu 1 jam. sampai benar-benar selesai dan kotak bento ditutup.
komentar sahabat-sahabat buku muka beragam. ada yang bilang ini udah ok, kalau si melon dipotong-potong malah keliatan kaya terlalu banyak itemnya. tapi ada juga yang bilang, potongan si melon bikin tampilannya jadi sedikit 'aneh'.
huks, 
ya sutralah,  kita lanjutkan saja ..
semua proses bunda mulai dengan membuat sup dan mengakhirinya dengan nasi goreng ikan asin itu.
untuk Sup Kepiting Jagung Manisnya, mudah sekali: bumbunya hanya bawang putih yang ditumis bersama jahe. lalu ditambahkan dengan kecap asin + minyak ikan + minyak wijen dengan perbandingan 1:1:1. setelah itu jagung manis + kepiting + irisan daun serai + irisan cabe merah besar + garam + gula dan air kaldunya dimasukkan, dimasak sampai mendidih. mudah ya.. ohya, pada saat akan disajikan, tambahkan sari/air jeruk lemon.
sementara buncis salami itu, juga sangat mudah sekali. pilih buncis baby/mini agar buncis cepat matang dan manis bila digulung. buang ujung-ujungnya, dan gulung dengan daging salami. ikat sekelilingnya dengan potongan memanjang daun serai. sebelum digoreng, bumbui buncis salami dengan bubuk bawang putih + lada dan garam. tidak perlu menunggu lama, buncis salami bisa langsung digoreng dengan sedikit sekali minyak sampai muncul sedikit gosong di sana sini.
untuk sosis pangsit goreng hanya sosis biasa yang direbus dahulu setelah dikerat ujungnya, lalu dibungkus dengan kulit pangsit. kulit pangsit sendiri ada dua jenis lho girls. ada yang khusus untuk pangsit rebus, dan ada yang khusus untuk digoreng. yang digoreng jauh lebih tipis dari yang direbus. jadi tidak butuh waktu lama ketika menggoreng. untuk mengikatnya, gunakan daun serai. kesalahan bunda di sini adalah menggorengnya dalam minyak panas yang hanya separuh, sehingga pangsit tidak terendam sepenuhnya dan kulit pangsit tidak mengembang seperti seharusnya. kalau kalian ingin mencoba, ingat, gunakan minyak panas yang bisa merendam semua tubuh pangsit dengan utuh.

nasi goreng ikan asin itu bunda buat hanya dengan bumbu sederhana sambal terasi dan potongan ikan asin jambal serta sayur polong. ketika akan disajikan, bungkus nasi dengan kembang tahu. kalau kebetulan kamu memilih kembang tahu kering yang tebal, selewatkan dulu kembang tahu dalam air biasa untuk melemaskannya, bungkus nasi dan panggang di atas pan datar sampai sisi-sisinya kecokelatan.
 
 
Ooohhh... -_-'
i've tried my very best. this is your bento, Dad. wishing you a lovely lunch to have. ^^v

3 comments:

Rina said...

don't worry lee, your love message for mas ade is successfully received through your bento...otreh...
definitely will try that nasi goreng next time...kkk

Bunda zahraa said...

hehehehheoohehehe.... :D
mwah.. :)

Bunda zahraa said...

windi, liat gambar di atas kan?
nah bagian bawahnya ikat dengan batang serai yang udah dipotong2. pada saat membungkus, gunakan sosis yang tinggi, jangan semisal 1 dibagi tiga. cukup 1 dibagi dua aja.
trus pada saat menggoreng, gunakan minyak banyak (jangan kaya di atas, itu minyaknya kurang) dan untuk mempertahankan bentuk mekarnya, tahan dulu pangsit pakai sumpit di minyak panas (tidak menyentuk dasar wajan), kalau sudah kebentuk, baru lepaskan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...