Tuesday, January 18, 2011

Bukan bento, cuma pesanan si Ayah ^^

hari ini, bunda maleeeeeeees banget bikin bento. dari pagi kerjaannya mulat mulet aja kaya ulet di tempat tidur. ayah bilang, ngga usah bikin bento. tapi pas ayah bilang, ayah akan pulang siang nanti, bunda langsung ON. ya ngga mungkin lah, ayah pulang ngga disuguhin makan siang.
so...
pas pagi-pagi mikirin mau bikin masakan apa, ayah yang lagi liat-liat gambar print-print-an desainnya tiba-tiba nyeletuk : "bunda, bunda bisa bikin garang asem? ayah pingin euy.."
jadi, bunda googling resep garang asem di inet. ada yang begini, ada yang begitu. ada yang pakai ayam. ada yang pakai santan. karena bingung terlalu banyak pilihan. jadi bunda pilih yang paling sederhana saja, dengan beberapa pengolahan ala bento si ayah.
ini dia resep garang asem hari ini :

pertama, cari daging lemusir (yang biasanya buat semur itu) dan potong-potong. di pasar tradisional, bunda campur daging lemusir 2 ons dan iga 2 ons juga, hanya dengan 23ribu rupiah. dan sudah bisa untuk 8 porsi standar. bersihkan semua, dan rendam dengan baking soda. diamkan sebentar, sekitar 10-15 menit, lalu rebus daging sampai berubah warna sepenuhnya.
saring daging dan airnya, sampai gumpalan-gumpalan daging/kotorannya terpisahkan, lalu panaskan kembali.


sementara itu, tumis bumbu halus : bawang merah + bawang putih + kemiri + terasi + lengkuas sampai harum. tambahkan daun salam.
masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, tambahkan air bila perlu.  lengkapi kuah dengan kecap manis + soyu sauce (bunda rasakan, ternyata lebih enak ditambah ini daripada tidak) + gula pasir + garam + asam utuh. lalu didihkan.
tambahkan irisan cabai hijau besar dan cabai rawit. masak kembali sampai bumbu meresap.
terakhir, saat akan disajikan, masukkan potongan tomat segar. jadilah garang asem kita hari ini, ^^ selamat mencoba !

ps. eniwei, prosesnya cuma makan waktu 10menitan. yang lama adalah karena harus melembutkan daging dan meresapkan bumbu, jadi kira-kira 45 menitan.
worthy kan, 45 menit di dapur untuk 2 kali makan dan 8 porsi ?? :D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...