Friday, January 14, 2011

4 Jempol Ayah untuk bento hari ini

menu hari ini yang bikin ayah nyodorin semua jempolnya... -____________-' (dengan wajah serius gabungan raut kekanakan yg bikin melting hati)
adalah :
nasi campur (kemaren ada yg nanya biar ngga seret2 amat makan beras merah gimana, hari ini bunda campur 3 jenis beras dalam satu kali tanak : beras merah, beras putih, beras ketan--beras ketan dikit aja karena kadar gulanya tinggi. jadinya kaya gini..cantik. diberi tengahan abon)
jamur krispi,
sup kembang tahu,
terung panggang keju (*____________* OEMJI THIS IS SOOOOO DELICIOUS)
tuna roll & seaweed roll (ini buat menuh2in ruang kosong aja)
dan buah2an.

Ayah bilang : DELICIOSO !!!
^____________________^d

daaan, menjawab penasaran kawan-kawan buku muka tentang resep hari ini, bunda beri dua resep baru ya girls.
yang pertama adalah sup kembang tahu itu,
Tahu merupakan gumpalan protein dari susu kedelai yang telah dipisahkan dengan air tahu (whey) dengan cara pengepresan. Sebaliknya, kembang tahu merupakan lapisan tipis yang terbentuk di permukaan susu kedelai yang dipanaskan. Mungkin karena mengapung-apung di permukaan susu kedelai, maka disebut sebagai kembang tahu.
Di Indonesia, kembang tahu dipakai sebagai campuran sup ayam, sup buntut, kimlo, capcay, dan bihun goreng. Bentuknya yang tipis dan kering memungkinkan kembang tahu disimpan lama tanpa memerlukan lemari pendingin. Produk tersebut mudah ditemukan di berbagai warung dan pedagang sayur keliling.
Jenis kembang tahu
Pernahkah Anda memperhatikan terbentuknya lapisan tipis yang mengapung di permukaan segelas susu sapi panas yang didiamkan mendingin pada suhu kamar? Lapisan tersebut merupakan gumpalan protein dan lemak yang lama-kelamaan akan menebal sehingga dengan mudah dapat diangkat. Jika dicicipi akan terasa lezat, halus, dan agak liat.
Hal yang sama juga akan terjadi jika susu kedelai dipanaskan. Lapisan tipis dari permukaan susu yang telah dipanaskan tersebut di Jepang dinamakan yuba, sedangkan di Indonesia lebih populer disebut kembang tahu. Selain dari kacang kedelai, kembang tahu juga dapat dibuat dari kacang-kacangan lainnya, seperti kacang hijau, kacang gude, kacang jogo, koro benguk, dan lain-lain.
Secara umum, kembang tahu dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu kembang tahu segar, setengah kering, dan kering. Di Jepang, kembang tahu segar disebut nama yuba. Ciri-ciri kembang tahu segar yang baik adalah warna krem kekuning-kuningan, tekstur lembut, ringan, rasa sedikit manis, dan enak rasanya.
Sayangnya, kembang tahu segar ini tidak tahan disimpan lama, yaitu hanya mampu bertahan 2-4 hari pada suhu kamar atau 3-5 hari pada lemari es. Untuk mencegah serangan jamur, kembang tahu basah biasanya dibungkus dengan plastik atau karton kedap udara.
Kembang tahu setengah kering, yang disebut juga nama gawaki atau han gawaki, merupakan kembang tahu segar yang telah dikeringkan sampai kadar air tertentu, tetapi belum sampai rapuh. Kembang tahu jenis ini umumnya dibungkus plastik atau karton dan disimpan pada ruangan biasa.
Jenis ketiga adalah kembang tahu kering yang disebut kanso hashi yuba, merupakan jenis yang paling populer dan paling umum dipasarkan. Kembang tahu ini dibuat dengan cara mengeringkan kembang tahu basah hingga kadar air yang sangat rendah sehingga teksturnya menjadi sangat rapuh.
Karena kadar airnya yang sangat rendah, jenis ini dapat disimpan lama pada suhu kamar. Ada lima bentuk utama dari kembang tahu jenis ini, yaitu lembaran, spiral, rol panjang, rol pendek, dan oharagi. Kembang tahu kering ini dapat disimpan selama 4-6 bulan pada ruangan berpendingin atau kotak kedap udara.
oya, buat kamu yang sedang hamil/menyusui, kembang tahu baik sekali dikonsumsi.
Sesuai dengan jenis bahan bakunya, yaitu kedelai yang kaya protein, kandungan gizi utama dari kembang tahu adalah protein, sekitar 48,9 - 52,3 gram per 100 gram kembang tahu jenis kering. Sumbangan gizi lainnya yang cukup menonjol adalah lemak (13,8-24,1 g/100 g), energi (380 - 432 kkal/100 g), serta sejumlah mineral. Kadar mineral dicerminkan oleh kadar abu yang lumayan.
Di Jepang, kembang tahu merupakan bahan makanan yang sangat populer. Konon, kembang tahu dapat merangsang keluarnya air susu ibu (ASI) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu sebelum dan sesudah melahirkan. Kembang tahu juga umum digunakan di rumah sakit sebagai sumber protein pemulih kesehatan para pasien. Hal tersebut didukung oleh tingginya kadar protein dan daya cerna dari protein tersebut.
Seperti halnya kedelai, kembang tahu juga memiliki komposisi asam amino yang sangat baik. Asam amino yang cukup menonjol adalah lisin, yang umumnya sangat rendah pada bahan pangan lainnya.
Kembang tahu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes melitus. Kembang tahu juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk para vegetarian, yang berpantang produk-produk hewani. Tentu diperlukan kreativitas yang sangat tinggi dalam pengolahan kembang tahu menjadi berbagai makanan sehingga tidak membosankan. (sumber)
untuk menu  sup ini, kita gunakan kembang tahu kering. rendam dulu potongan kembang tahu kering dalam air biasa, tunggu sampai melunak dan tiriskan.
sebagai pelengkap, bunda gunakan sayur lobak putih dan jamur kuping. bila suka, bisa ditambahkan dengan sedap malam dan daging ayam fillet/udang.

tumis dahulu bawang bombay + bawang putih hingga harum. masukkan daging ayam/udang, dan aduk sebentar sampai setengah matang. tambahkan kembang tahu, jamur, lobak dan pelengkap lain (sedap malam, jamur putih). dan irisan cabai merah besar. aduk.
tambahkan air kaldu + garam + gula + lada + soyu sauce + perasan air lemon. masak hingga mendidih dan semua item matang.





yang OK hari ini adalah resep terung panggang keju... T_______________________T melted deh makannya... :D

sebelumnya, ini review manfaat terung untuk tubuh manusia :
Buah ini diketahui punya manfaat sebagai antikejang, anti kanker, dan pendepak gangguan pembuluh darah. Bahkan di Nigeria digunakan sebagai tanaman kontrasepsi, terutama untuk kaum pria.
Masyarakat Nigeria juga mendewakan tumbuhan ini karena bisa meredam penyakit gugup. Kemampuan ini telah dibuktikan secara ilmiah terhadap marmut yang diberi sari terong mentah.
Buah terong mengandung striknin, skopolamin, skopoletin, dan skoparon yang bisa menghambat serangan sawan, gugup, atau kekejangan saraf. Maka, buah ini bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati serangan epilepsi dan penyakit kejang lainnya, seperti yang diyakini dalam pengobatan tradisional.
Di Korea terong yang telah dikeringkan bila dikonsumsi bisa pula mengobati sakit pinggang, encok, pinggang kaku, dan nyeri lainnya. Secara empiris, sayuran ini pun mampu mengobati campak, cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan luka bakar.
Jus terong bisa menekan kerusakan pada sel-sel dengan penyimpangan kromosom sebagai pertanda adanya kanker. Kandungan tripsin (protease) inhibitor pada buah ini diyakini bisa melawan serangan zat pemicu kanker. Buah ini sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit kanker.
Buah ini juga bisa menetralkan kerusakan pembuluh darah arteri. Dengan begitu, ia dapat menekan dan mengatasi arterosklerosis; penyakit yang disebabkan oleh terganggunya transportasi darah dan zat makanan pada pembuluh darah arteri. Gangguan itu terjadi akibat timbunan lemak dan kolesterol di pembuluh darah.
Dampaknya, kerja jantung pun terganggu. Organ vital ini akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh yang bisa membahayakan nyawa. Gangguan pembuluh darah ini bisa dikurangi, bahkan ditanggulangi dengan cara mengonsumsi terong. (sumber)

cara bikin terung bakar ala bento si ayah ini pun simple banget dan ngga butuh waktu lama. yang kamu perlukan adalah terung (kalau mau buat makan di rumah, better yang gede, supaya puas makannya. tapi kalo buat bento, pilih aja yang ukurannya sedang). potong terung kira-kira 4 cm panjang, dan keruk tengahnya. sisihkan.

untuk isian, kita gunakan daging cincang yang ditambahkan dengan bumbu : bawang bombay cincang + bawang putih cincang + lada + garam + cabai iris. campur pula sisa kerukan terung yang tadi agar tidak ada bahan terbuang.
isi kerukan terung dengan adonan daging dan panggang di atas pan datar yang sudah dibasahi dengan minyak. tidak perlu dibolak balik karena matang akan menjalar hingga ke atas terung.
setengah matang, tambahkan keju parut (disarankan yang quick melted). keju akan meleleh di atas daging dan yummie !!
untuk sausnya, rebus dahulu tomat utuh, lepaskan kulitnya dan haluskan. tumis bawang putih, bawang bombay selanjutnya, lalu beri tomat pure dan air kaldu. bubuhi garam, lada dan gula. lalu kentalkan dengan tepung terigu (bukan tepung kanji ya girls) yang sudah dicairkan dahulu.
voila !! jadilah terung panggang keju kita hari ini ^^v

ok, girls, itu resep bunda hari ini. semoga bermanfaat ya.. :)

3 comments:

Uniflame said...

I see how you used the eggplant for it! It is brilliant. I will surely try this when I have leftover eggplant. I think it will work with courgette too :)

Bunda zahraa said...

i see :) that's brilliant too.
usually i used courgette for my sushi. we called it with kappa makki. :)

suplemen glucogen said...

artikelnya sangat bagus dan menarik, semoga bermanfaat.
suplemen glucogen

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...