Friday, January 28, 2011

Friday i'm in love--(bento with beef drum sticks and steamed duck eggs)

Why 'Friday I'm in Love?' ..
oh, it's because this feeling of love for my husband--it's getting bigger! :D and I'm too much sentimental to put those words as today's tittle.. :)
I made this bento less than an hour--until i packed up the boxes. So it's very easy to make. You don't always have to put the left-overs inside the bento (but if you have, it's ok). You can make it instantly at the morning before you/your beloved ones leave the house.
Let's start from the simpler one. It's beef drum-stick (in Indonesian we called it as "kaki naga" or "dragon feet"--i don't know why they called it with this funny name, so don't ask me ^^v).
I just add some chopped onion and garlic (make it very light/thin), with slightly beaten eggs, grated carrots, wheat flour, pepper, salt, the oyster sauce--in a bowl of minced-meat (you could also substitute the meat with minced-chicken/shrimp/fish with the same seasonings). Take some, and form it to oval shape, then wrapped it with bread crumbs. Pin it with skewer. Leave it at about 3-4 minutes, before you fry it. Voila! Ready to serve :)


Then duck-eggs--oh I still have no idea for the title of this cook--but let us call it with "Steamed Duck-eggs". First, if you have deep muffin tin containers--you can use them. Cover the containers with banana leaves, and set aside. Meanwhile, we make the seasonings. Add some mashed garlic and onion with coriander powder and salt and sugar too--in about 250 Milli-liters thick coconut milk. Slice cayenne pepper and the green chilly thinly. Take the muffin containers, based with bay leaves  and sliced galingale, one piece for each container--then pour the seasoned coconut milk at about one-per three parts of the container. Then break duck-egg on the rest parts of the container (see the pictures of step-by-step making below). Steam them for about 30 minutes, then ready to serve. 

The other side dishes are smoke-milkfish-katsu, and I've made some fresh veges-pickle. You can make your own veges-pickle only by adding some vinegar, salt, sugar, pepper and sliced red-onion in a bowl of fresh vegetables like sliced carrots, cucumbers, cabbages or white radish. You can make it in large quantities, and put it in a glass-jar then keep it in refrigerator. Anytime you need to fill the bento, you can take it some. 

------
Friday, I'm in love...
yayayaya....lebay kan..bunda tau itu.. :D but i can't helped it. Judul itu lewat begitu saja tanpa permisi dan tangan bunda mengetik sendiri tanpa dikomandoi.
Bunda butuh kurang dari sejam untuk membuat bento ayah hari ini, mulai dari menyiapkan semua bahan, memasak, menata, sampai mendokumentasikannya. Ini berarti, resep Bento si Ayah hari ini mudah sekali.
Menu kreasi bunda favorit Ayah hari ini adalah 'kaki naga' daging (kita lebih familiar dengan nama drum-stick). Terus terang, bunda kepikiran untuk membuat menu ini karena kepincut sama bento cantik Ms. E. Karena ngga mungkin mau beli jadi pagi-pagi buta ke pasar swalayan, bunda korek-korek isi lemari pendingin dan ketemu daging cincang yang cuma ada 1/2 ons saja. It's OK. kita masih bisa bikin kaki naga dari ini.
Resep asli kaki naga, bunda google di internet. Tapi karena ribet dan ternyata setelah dipraktekkan malah ngga beres (ah ini mah bunda sendiri yang eror), bunda bikin resep lain versi Bento si Ayah.
yuk, kita lihat langkah-langkah pembuatannya :

Campur bumbu-bumbu berupa : bawang bombay cincang, bawang putih cincang, lada, garam, saus tiram ke dalam daging cincang dan wortel parut. tambahkan tepung terigu.
Uleni semua sampai rata seperti ini.
Ambil segenggam kecil bagian, gulingkan bergantian di atas tepung terigu dan tepung roti, remas-remas lembut sampai dapat di bentuk dan tidak lengket lagi.
Tusuk dengan tusuk sate setiap bulatan daging yang telah terbentuk.
Goreng kaki naga dalam minyak panas.
Kaki naga siap disajikan. Kaki naga bunda kali ini setelah digoreng warnanya agak terlihat kusam, karena pengaruh daging yang sudah dimasak. kalau ingin terlihat lebih putih dan 'kinclong', gunakan daging ayam/udang/ikan cincang sebagai bahan dasarnya.








Menu kreasi Bento si Ayah lainnya adalah olahan telur bebek ini. Sampai sekarang bunda masih belum kepikiran enaknya dikasih judul apa.. :( ada ide? salah seorang sahabat Bunda di buku muka memberi nama "Bebek Sauna" untuk resep ini sewaktu bunda tanyakan. -________-'
Oh well, ini adalah langkah-langkah membuatnya :

Mula-mula, siapkan semua bahan. Bunda menggunakan santan kental dari 1/3 kelapa, irisan cabai merah dan cabai hijau, serta bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula, dan garam. Aduk.
Sediakan wadah kalengan yang biasanya kita pakai untuk mengkukus jajanan, alasi dengan daun pisang.
Pada dasar wadah, berikan 1 lembar daun salam dan seiris lengkuas.
Tuangkan larutan santan berbumbu dalam wadah, sekitar sepertiga bagian. Lalu pecahkan telur bebek di atasnya.
Kukus telur  selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Jangan mengkukus terlalu banyak wadah dalam satu kukusan (kecuali pengukus anda memang besar/jumbo), berikan ruang yang cukup agar udara panas dapat mengalir dengan rata.
Pada saat sudah matang dan mendingin, telur dapat dipisahkan dari wadah kalengannya dan terlihat cantik dengan daun pisangnya.
(kaya naga sari ya? hehehe... ^^)

Oya, sssstttt...tau ngga, kata para pakar, telur bebek berkhasiat baik untuk meningkatkan kinerja seks (ah jadi maluu.... ^^).  

Untuk sayuran sehat si ayah hari ini adalah acar sayuran segar. Mudah sekali membuatnya. Hanya dengan sedikit cuka, garam, lada, dan gula (bila ingin berkuah/melunturkan rasa keras cukanya bisa ditambahkan air dingin) serta irisan bawang merah yang dicampurkan dengan irisan sayur-sayuran. Hari ini bunda buatkan campuran wortel, timun dan selada.
Aduk semua, dan diamkan dalam suhu ruangan selama kurang lebih 3 jam (kalau dibawa buat bento, dari jam 9 sampai jam 12 pas makan siang kan udah pas 3 jam :D ). Buat yang banyak, dan simpan dalam wadah toples kaca dalam lemari pendingin. kapanpun ingin dinikmati, acar sudah siap disajikan.

Untuk total pembiayaan, minus bumbu-bumbu yang sudah ada di rumah dalam jumlah besar ya girls, seperti tepung, garam, gula dan sebagainya, ini rinciannya :
  • Untuk kaki naga, daging 1/2 ons di pasar tradisional dihargai sekitar 2500 rupiah. Telur ayam 500 rupiah sebutirnya. Sedikit sayuran dan bumbu kita alokasikan juga 500 rupiah (harga bisa lebih kalau yang kamu pakai juga banyak ya girls). untuk 4 tusuk kaki naga gemuk dengan 1/2 ons daging cincang, kita hanya butuh 3500 rupiah saja. (di rumah bunda, 2 kaki naga dibawa ayah dalam bento nya, dan dua sisanya untuk sarapan pagi ini bersama mie soto kudus .. yummie)
  • Sementara 'bebek sauna' nya, kita hanya perlu telur bebek 2000 rupiah per butir, daun pisang di pasar 500 perak bisa dapat dua lembar, 1 lembarnya saja sudah cukup kalau kamu hanya membuat sedikit, jadi kita alokasikan 250 perak. Santan jadi 1000 rupiah (bunda gunakan santan isntant yang ditambahi air hangat sampai genap 250ml, wah ini bisa buat 5 wadah !!). Bumbu-bumbu kita alokasikan 200 rupiah. totalnya 3450. genapkan 3500 ya girls.
Bento si Ayah hari ini hanya mengeluarkan uang sebanyak 7000 rupiah saja, dengan catatan lauk pelengkap lainnya adalah bahan yang sudah ada di lemari pendingin. Menu selengkap ini hanya dengan 7000 rupiah? hmm.... Ayah jadi hemat pengeluaran harian untuk makan siangnya. ^^v


Mudah bukan girls? Semoga review Bento si Ayah kali ini cukup membantu girls di dapur ya.. :)
Segera dicoba ya. Kalau sudah dicoba, cerita-cerita ya ke bunda. Cerita yang bagus dan kalau bisa dengan foto, akan bunda muat di blog dan kemungkinan terpilih untuk dimuat di media lain ^^v. Ayo girls, buruan ... !!

2 comments:

na said...

gimana kalo bikin kontes buat kasi nama si telur bebek lee???

Bunda zahraa said...

ehehehehe....trus hadiahe perlengkapan bento ngunu ta? ehehehe....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...